Saturday, January 10, 2009

Presiden Minta TNI Siapkan Tim Monitoring Gaza

JAKARTA, SABTU - Mengantisipasi genjatan senjata antara Israel dan Palestina di Jalur Gaza, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso menyiapkan tim monitoring mission observation nation. Sejumlah perwira disiagakan bergabung dalam tim pengawasan yang langsung dikomandoi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Instruksi kepada Panglima TNI ini berlangsung setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan komunikasi via telepon dengan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, Sabtu sore (10/1) di Kantor Presiden, Jakarta.

Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso usai mengikuti gelar komunikasi antara Presiden Yudhoyono dan Sarkozy mengatakan, tim monitor observasi dari TNI tidak terlalu banyak. "Itu tergantung dengan kebutuhan tim," ucap Djoko Santoso.

Menurut rencana tim monitor observasi dari TNI akan bergabung dengan tim negara lain. Tim ini mulai merangsek ke wilayah aman di Jalur Gaza setelah Israel menarik mundur pasukannya di Jalur Gaza, dan Hamas bersepakat melakukan genjatan senjata.

"Kita sudah pengalaman sejak tahun 1956," katanya.

From: www.kompas.com

No comments: