Sunday, January 11, 2009

PBB Segera Memulai Bantuan Kemanusiaan di Gaza

NEW YORK — Para pekerja bantuan PBB di Jalur Gaza merencanakan untuk memulai lagi gerakan mereka di Jalur Gaza setelah menerima jaminan dari Israel bahwa mereka tidak akan diserang. Demikian dikatakan seorang juru bicara PBB, Jumat (9/1) waktu setempat.

"PBB telah menerima jaminan yang dapat dipercaya (dari Israel) bahwa personel keamanan, instalasi, dan operasi kemanusiaan PBB akan dihormati sepenuhnya," kata juru bicara Michele Montas kepada wartawan.

"Atas dasar ini, gerakan staf PBB yang ditangguhkan kemarin, akan dimulai lagi secepat mungkin," tambahnya.

Satu badan PBB telah membatasi operasi bantuan, Kamis, di Jalur Gaza sebagai tanggapan atas insiden mematikan yang melibatkan tembakan Israel terhadap konvoi bantuan PBB. Seorang juru bicara militer Israel membantah bahwa konvoi itu, salah satu sopirnya tewas, telah dengan sengaja diserang.

Montas mengatakan bahwa pada satu pertemuan tingkat tinggi di Kementerian Pertahanan Israel di Tel Aviv, Jumat, PBB telah diberitahu, insiden itu sangat disesalkan dan tidak mencerminkan kebijakan resmi pemerintah (Israel).

"Jaminan Israel itu mencakup pekerjaan untuk meningkatkan hubungan dan koordinasi internal yang lebih efektif dalam pasukan pertahanan Israel," katanya.

From: www.kompas.com

No comments: