Tuesday, January 20, 2009

Mobil Listrik China Separo Harga Chevy Volt


DETROIT - BYD Auto Company, salah satu produsen mobil terkemuka dari China dan saat ini mengikuti Detroit Auto Show 2009, segera meramaikan pasar mobil listrik murni dan hibrida di Amerika Serikat. Menurut perusahaan yang sangat dikenal dengan ‘teknologi hijau’ itu, rencana mereka tidak sekadar memasarkan produknya, juga mendirikan pabrik. Realisasinya pada 2011.

Hebatnya lagi, sedan listrik kategori menengah yang diproduksi BYD, yaitu F3DM ditawarkan dengan harga US $21.700 atau Rp 240, separo Chevrolet Volt PHEV yang akan dipasarkan General Motors pada 2010.

Produsen Lithium-Ion
Mobil hibrida dan listrik yang dipasarkan BYD adalah F3DM, sedan hibrida plug-in produk massal pertama di dunia dan mobil bertenaga batere e6, cross-over 5 penumpang ukuran sedang. Keungggulan mobil BYD, sekali isi batere dapat digunakan untuk menempuh jarak 400 km. Hal itu tersebut langsung dinyatakan oleh presiden direktur BYD, Wang Chuangfu di Cobo Center, Detroit.

Dasar yang sangat meyakinkan dari mobil listrik BYD ini, ternyata induk perusahaan ini adalah produsen batere lithium-ion terkemuka di dunia. Mereka sudah sangat menguasai teknologi batere lithium-ion. Dijelaskan, batere buatan BYD sangat aman dan ramah lingkungan. Keunggulan lainnya dapat diisi dengan cepat, 50% dalam 10 menit. Sedangkan umur pakainya mencapai 10 tahun.

Batere produk BYD dengan merek Fe, saat ini sudah digunakan pada crossover e6, sedan Dual Mode hibrida plug-in F3DM (kompak) dan F6DM (menengah). Ditambahkan, dua produk terakhir mereka ini dapat menggandalkan listrik saja atau hibrida-listrik.

Infrastruktur
Partner BYD di Amerika Serikat saat ini adalah MidAmerican Energy Holding - memiliki saham 10% pada perusahaan induksi BYD - yang diketuai David Sokol. Untuk mendukung rencana BYD MidAmerican Energy akan berusaha mendirikan infrastruktur dan mempromosikan mobi hibrida dan listrik murni di negara tersebut.

“Kami berkerjasama dengan BYD untuk mengembangkan teknologi pengisian batere dan infrastruktur. Infrastruktur dan teknologi pengisian harus dibangun secara bersamaan,” jelas David Sokol.

Ditambah, bersama dengan BYD, MidAmerican Energy Hoolding akan membangun proyek penyimpan energi dari sumber-sumber yang bisa diperbarui seperti angin dan matahari.
BYD Auto Company, berbasis di Shenzhen, China merupakan perusahaan terkemuka dalam pembuatan mobil listrik murni dan dan hibrida plug-in listrik-bensin. Keunggulan perusahaan ini, menguasai teknologi batere lithium-ion.

Reputasi lainnya, produsen batere isi ulang nomor dua di dunia dan pemasok batere utama ke produsen telepon selular seperti Nokia, Motorola, Samsung dan lain-lainnya.

Menurut Lian Yubo, wakil presiden direktur BYD, perusahaan induknya adalah pemasok batere lithium-ion No.1 di dunia untuk telepon seluler. Dijelaskan pula, sekarang perusahaannya telah berhasil membuat batere lithium-ion dari bahan dasar besi dalam skala industri, kata wakil presiden Presiden Lian Yubo.

Di samping itu, tiga masalah utama mobil listrik dan hibrida yang menggunakan batere lithium-ion saat ini, akan bisa diatasi dengan batere produk mereka. Masalah utama yang dihadapi produsen batere lithium-ion sekarang ini adalah biaya tinggi, kapasitas rendah dan bahaya ledakan.

Akibatnya, harga mobil listrik bila menggunan batere lihtium-ion jadi mahal. Begitu juga dengan mobil hibrida. Karena itu pula, produsen Jepang yang sudah memproduksi mobil hibrida secara massal, masih menggunakan batere NiMH.

Batere lihtium-ion yang digunakan BYD pada F3DM selain murah, kapasitas menyimpan energinya juga besar dan tidak meledak bila dibakar. Di samping itu dapat diisi ulang dengan menggunakan jaringan listrik rumah tangga selama 9 jam. Bila menggunakan perlengkapan pengisian khusus industri, hanya butuh 15 menit untuk pengisian sampai 80%.

BYD mengklaim, batere lihtium-ion produksi mereka bisa dipakai lebih dari 2.000 kali atau untuk jarak tempuh di atas 500.000 km (10 tahun). Perusahaan ini didirikan pada 1995 dengan 20 karyawan khusus untuk membuat batere. BYD sendiri merupakan singkatan dari “Build Your Dream”.

Kini, BYD telah menjadi perusahaan global terkemuka dengan 130.000 karyawan. Perusahaan ini masuk ke bisnis dan industri mobil setelah mengakuisisi perusahaan mobil negara yang bangkrut, Qinchuan Automobile di Xi’an. Kini BYD memproduksi 100.000 unit lebih mobil setiap tahunnya.

From: www.kompas.com

No comments: