Sunday, February 8, 2009

Ribuan Orang Selamatkan Diri dari Zona Perang

KOLOMBO — Lebih dari 2.200 orang menyelamatkan diri dari zona perang Sri Lanka dalam dua hari ini. Militer Sri Lanka berjanji menyelesaikan secara cepat perang yang telah berlangsung 25 tahun sambil melindungi ribuan warga sipil yang terperangkap di zona perang.

Pertempuran terpusat di sekitar sebuah daerah hutan di wilayah timur laut negara pulau Lautan India itu, di mana militer menyatakan telah mengepung kelompok pemberontak Macan Tamil. Puluhan ribu warga sipil terperangkap di dalam zona perang seluas 175 kilometer persegi. Badan-badan kemanusiaan, pemerintah serta sejumlah negara mengatakan bahwa mereka ditahan di zona perang itu oleh Macan Tamil dengan berbagai ancaman.

Namun, mereka telah mulai meninggalkan daerah tersebut dalam tiga pekan ini. Badan-badan kemanusiaan mengatakan, sekitar 250.000 orang terperangkap di zona perang, tetapi pemerintah mengatakan bahwa jumlah mereka hanya sekitar separuh dari angka tersebut.

Lebih dari 70.000 orang tewas dalam konflik separatis panjang di Sri Lanka itu sejak 1972. Sekitar 15.000 pemberontak Tamil memerangi pemerintah Sri Lanka dalam konflik etnik yang ditujukan mendirikan sebuah negara Tamil yang merdeka.

From: www.kompas.com

No comments: